Posted by : ahmad adzkiya Sabtu, 16 Juni 2012


Dalam matan kitab nashoihul `ibad, imam nawawi al-bantani al-jawiy membagi perkara fardlu menjadi lebih dari sekitar 70 bagian. Dantaranya:
1. Iman kepada ALLOH beserta sifat-sifat ALLOH.
Yaitu mentauhidkan ALLOH bahwa ALLOH adalah sesembahan yang tidak membutuhkan selain NYA.
2. Iman kepada malaikat ALLOH
Disebutkan bahwa para malaikat ada dilangit. Mereka tidak pernah durhaka kepada perintah ALLAOH, dan hanya patuh pada perintah ALLOH.
3. Iman kepada kitb-kitab ALLOH yang diturunkan kepada para nabi.
4. Iman kepada para rosul-rosul ALLOH, yang diutus kepada para umatnya unntuk menyampaikan risalah-risalah yang mencakup perintah, larangan, dan hukum.
5. iman kepada qadar (kepastian).
6. Iman kepada hari akhir (qiyamat). Yang di dalamnya ada hari kebangkitan. Perhitungan, surga, neraka, dan timbangan amal.
7. Cinta kepada ALLOH dan nabi Muhammad SAW.
8. Cinta dan benci karena ALLOH.
Ada hadits : “yang lebih menguatkan iman dalah jika suka karena ALLOH dan benci karena ALLOH” riwayat imam ahmad.
9. Ta`dzhim kepada nabi Muhammad SAW dan mengikuti sunnahnya, cinta kepada ahli bait, dan cinta kepada kaum anshor.
Ta`dhim yaitu dengan bersholawat, dan sholawat yang lebih utama adalah “ALLOHUMMA SHOLLI `ALA SAYYIDINA MUHAMMAD ALLADZI MALA`TA QOLBAHU MIN JALALIKA FAASBAHA FARHAN MASRURON MUAYYADAN MANSHURON WA`ALA AALIHI WA SHOHBIHI WA SALIMU TASLIMAN WALHAMDULILLAHI ` ALA DZALIKA”
Ya ALLOH… limpahkan salam kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW yang telah Engkau penuhi hati nya(Muhammad) dengan keagunganMU maka Muhammad SAW menjadi orang yang bahagia, dikuatkan, ditolong, dan juga limpahakan rahmat kepada keluarga Muhammad SAW dan juga kepada para sahabat nya.
Nabi bersabda “tandanya iman adalah cinta kepada anshor , sedang tanda munafik adalah benci kepada anshor”. Yang dimaksud kaum anshor adalah semua orang yang menolong agama ALLOH, baik pada masa nabi maupun masa sekarang.
10. Ta`dhim kepada tanda-tanda kebesaran islam.
Misalnya rajin dan bangga dalam urusan agama, memperindah baccaan al-qur`an, memperindah masjid, dll.
11. Niat Ikhlas dalam ibadah.
Diantaranya adalah ihklas dalam beribadah, ikkhlas dalam meninggalkan riya` dan kumunafikan. Riya` adalah mengharapkan pujian dari makhluk, sedangkan munafik adalah menyembunyikan kekafiran dan menampakkan ciri islam.
12. Taubat.
Nabi bersabda “taubatlah kepada ALLOH sebelum ajal tiba, dan segeralah mengerjakan amal baik sebelum datang kesibukanmu”.
13. Takut dan berharap.
Takut maksudnya adalah takut jika hati seorang mukmin tidak merasa aman dan tidak tenang perasaannya walaupun disekitarnya ada banyak kebaikan, tetapi takut jika ALLOH tidak menerima amalnya.
Roja` (berharap) maksudnya adalah tidak putus asa dari rahmat ALLOH dengan ber husnuddzon.
14. Syukur.
Nabi bersabda “barang siapa diberi sebuah pemberian, maka balaslah dgn hal yang sama. Jika tidak mampu makapujilah dengan pemberian tersebut. Barang siapa memuji karena pemberian tersebut maka dia sudah bersyukur atas pemberian tersebut, dan barang siapa menyembunyikan pemberian tersebut maka dia telah kufur atas pemberian tersebut” H.R Abu Dawud.
15. Sabar.
Abdulloh al-maghowiri berkata kepada Abu hasan al-asybali: aku memerintahmu dengan 5 perkara, dan aku mencegahmu dengan 5 perkara. Aku memerintahmu untuk bersabar atas perbuatan yang menyakitkan makhluk,beristirahat bersama teman-temanmu, jadilah kamu pendengar jangan jadi tukang ngomong, dan jadilah diri sendiri saata bersama orang lain.
Aku mencegahmu dari berkumpil dengan perempuan, cinta dunia, cinta kekuasaan, tukang ajak-ajak, dan gossip.
16. Rela (ridho) dengan kepastian ALLOH.
Hadits rawayat al-bazary ” 5 perkara dalam iman, jika 5 perkara tersebut tidak ada dalam diri seseorang, maka tidak ada iman baginya. Yaitu: pasrah dan tunduk pada perintah ALLOH, rela dengan ketetapan ALLOH, pasrah kepada ALLOH, tawakkal (berserah diri) kepada ALLOH, dan sabar ketika menerima cobaan”.
17. Menepati janji
Sabda Rosul “janji yang baik sebagian dari iman”. HR Tirmidzi
18. Wira`i (berhati-hati atau waspada)
maksudnya waspada debngan menjaga omongan, makanan, dan minuman. Agar tidak jauh pada hal yang syubhat dan haram.
19. Malu
Yaitu sifat yang selalu mengalir manfaatnya bagi yang memegang teguh dalam setiap perkara. Orang yang beriman benar-benar tau bahwa ALLOH melihat apa-apa yang terbersit dalam hati manusia.
20. Tawakkal
Yaitu mencondongkan sgala urusan hanya ALLOH beserta ketenangan jiwa.
21. Saling menyayangi (welas asih)
Nabi bersabda “tidak masuk surga orang yg tidak saling menyayangi, sahabat berkata :ya Rosulalloh “kami saling menyayangi, Nabi menjawab “bukan menyayangi jika kalian hanya menyayangi diantara kalian, sesungguhnya menyayangi itu jika kamu menyayangi semua manusia” H.R al-barory.
22. Tawadhu` (menghargai)
Yaitu menghormati orang yang lebih tua serta menyayangi orang yang lebih muda. Nabi bersabda “bukanlah dari kaumku orang yang tidak mengasihi yang muda dan tidak menghormati yang lebih tua”.
23. sederhana
yaitu tidak suka berfoya-foya dalam kehidupan dunia. Ada sebuah riwayat dari imam muslim. Ada seorang yang berkata kepada Rosul: wahai Rosul, sesungguhnya aku suka jika memakai sandal yang bagus, baju yang bagus. Nabi menjawab sesungguhnya ALLOH itu indah, dan suka pada keindahan.
24. Menjauhi sifat sombong, dengki, ghibah, marah, dan dholim.
25. Selalu memperbarui tauhid
Nabi bersabda “perbarui iman kalian, para sahabat bertanya bagaimana caranya ya Rosulalloh?? Nabi menjawab: perbanyaklah membaca kalimat LAAILAAHAILLALLOH “.
26. Membaca Al-qur’an
Nabi bersabda: ahli al-qur`an adalah ahli ALLOH yang telah ALLOH khususkan”.H.R Ahmad. Dalam hadist marfu` riwayat Ibnu mas`ud disebutkan: “keraskan/lantangkan suaramu ketika membaca Al-qur’an”.
Membaca al-qur’an dengan lantang lebih utama daripada suara pelan, dengan alas an tidak khawatir menimbulkan riya`, jika khawatir maka suara pelan lebih utama.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

free counters

Popular Post

http://www.getpaid4visits.com/index.php?refcode=13099
English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google